Kegiatan kemahasiswaan

LDK & PENGKADERAN MAHASISWA FKIP 2020

Kegiatan LDK yang dilaksanakan pada tanggal 30-31 Januari yang berlokasi di Pantai Toronipa Kabupaten Unaha. Kegiatan yang dilakukan oleh HMPS dibuka oleh Dekan FKIP Unsultra Dra Sasmin, M.Pd yang diwakili WD Dr Kasmawati, M.Pd, menyampaikan apresiasi terhadap peserta yang telah ikut untuk kegiatam LDK ini. Keikutsertaan mahasiswa ini menunjukan bahwa mahasiawa tersebut memiliki minat dan bakat dalam berorganisasi dan ingin malatih jiwa kepemimpinanya. Jumlah peserta yang masih sedikit dalam pelatihan ini perlu dilakukan evaluasi sehingga kedepannya jumlah peserta LDK meningkat. Jumlah mahasiswa yang banyak dalam mengikuti LDK ini nantinya akan menjadi indikator mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan. Sehingga nantinya panitia harus berusaha agar peserta LDK HMPS Prodi PGSD DAN PG-PAUD meningkat.

Pelatihan LDK ini sangatlah penting dalam menjadikan genarasi muda yang tangguh dan membentuk jiwa pemimpin yang profesional. Manajemen kepemimpinan akan membentuk kader-kader pemimpin bangsa kecepannya. Segala ilmu yangg diperoleh dalam kegiatan ini tidak akan didapatkan di bangku kuliah. Segala pemikiran, sikap, dan integritas harus dimiliki pemimpin bangsa dalam mencapai cita-citanya. Dalam memimpin bangsa, mahasiswa sebagai kader penerus bangsa memiliki beban berat sebagai penerus bangsa di era globalisasi ini.

Pemimpin harus menjadi pribadi yang tangguh, mandiri, memiliki jati diri dan mampu berkiprah sesuai dengan profeaionalitasnya. Sehingga melalui kegiatan LDK ini ada penambahan wawasan dalam berpikir, bersikap dan bertingkah laku. Saat ini menjadi pemimpin sangalah sulit, karena pemimpin dituntut mampu menyatukan perbedaan dan serta mampu menyatukan seluruh anggotanya dalam suatu organisasi. Keberhasilan suatu organisasi ditentukan dari pemimpin yang mampu mengajak organisasi mencapai tujuan yang jelas. Harapan segala wawasan dan pengetahuan dalam LDK ini mampu diterapkan mahasiswa dan kedepannya mahasiswa ini mampu jadi pemimpin bangsa. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi Latihan Dasar Kepemimpinan oleh pemateri. Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut adalah, Dekan FKIP, Wakil Dekan, ProdiPGSD dan PG.PAUD dan Unsur HMPS.


Kegiatan Pengabdian yang dilaksanakan oleh FKIP Unsultra yang dimotori oleh PGSD dengan tema “ Meningkatakan Semangat Belajar Siswa dengan Sistem Belajar sambal Bermain” yang dilaksanakan di Desa Onembute Kabupaten Konawe yang berlansung selama 3 hari ini. Kegiatan ini diketuai oleh Agnes Nogo Temu egiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan rasa sosialisasi mahasiswa kepada masyarakat, sifat gotong royong dan saling membantu antar sesama manusia, serta menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kelestarian lingkungan


PELATIHAN DESAIN GRAFIS

Kendari (14/02/2021)-Tahun ini Himpunan Mahasiswa FKIP  kembali mengangkatkan acara Pelatihan Desain Grafis dengan tema “Menumbuh Kembangkan Kemampuan dan Meningkatkan Kreativitas Diri di Bidang Digital Art di Era Milenial” yang bertujuan untuk menambah wawasan serta mengembangkan kreativitas mahasiswa FKIP  dalam bidang seni digital.


PELATIHAN KEPIMIMPINAN III

Pelatihan  Kepemimpinan III Himpunan mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Sulawesi Tenggara dengan Tema “Mewujudkan Tumbuhnya Semangat kepemimpinan Dalam Oganisasi Yang Berintegritas Intelek, kreatif, dan Inovatif di Era 4,0” yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Februari 2021.

Kegiatan yang di ketuai oleh Ira Ayu Astika menjelaskan bahwa mahasiswa merupakan obyek pembelajaran, sehingga mahasiswa dituntut untuk dapat memiliki kemampuan intelektual, kreatifitas, dan inovatif. Namun ada kecenderungan bahwa mahasiswa kurang begitu menyadari akan perannya sebagai mahasiswa, hal ini disebabkan kebanyakan dari mereka berorientasi terhadap kewajiban yang utama yaitu kuliah tanpa memperdulikan peran lainnya yang tak kalah pentingnya  seperti kepemimpinan.


PKM DALAM BAKSOS

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh FKIP Unsultra yang dimotori oleh Mahasiswa PGSD Unsultra. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 17-18 Februari 2020.  Kegiatan ini dilatarbelakangi sebagai bentuk kepedulian mahasiswa PGSD dalam berperan memajukan potensi pada diri generasi muda sebagai bekal menjadi pemimpin masa depan yang lebih baik dengan membantu keperluan sekolah sehari-hari. Kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat dilaksanakan sesuai dengan pengetahuan dan bidang yang berkaitan dengan anak-anak.


Berawal dari kepedulian terhadap negeri membutuhkan para penerus sebagai generasi yang tangguh dalam meraih mimpi. Masih banyak sekolah-sekolah di desa yang berdiri sederhana tanpa adanya fasilitas yang memadai terutama bagi siswa SD yang membutuhkan buku bacaan sebagai pegangan. Padahal, para generasi muda ini  memiliki hak untuk memperoleh fasilitas. Berdasarkan hal tersebut, timbullah keinginan mahasiswa PGSD untuk dapat membantu generasi muda yang kurang beruntung dalam hal pendidikan juga membantu pihak sekolah yang kurang maksimal melaksanakan pendidikan.


PPL MAHASISWA

Kegiatan yang dilaksanakan pada semester ganjil 2019/2020 yang diikuti dengan jumlah 160 mahasiswa .Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan intrakurikuler yang wajib diikuti mahasiswa dalam rangka pembentukan kompetensi profesional sebagai pengejawantahan kompetensi akademik melalui kegiatan praktik dalam konteks otentik di Sekolah dibawah bimbingan dan supervisi dosen pembimbing dan Guru Pamong.

Program Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa program pendidikan studi pendidikan merupakan kewajiban sebelum mahasiswa meraih gelar sarjana.  Dengan mengikuti kegiatan PPL, kualitas mahasiswa diharapkan lebih meningkat khususnya di kegiatan bidang keguruan. Satu hal penting yang harus dipahami mahasiswa selama PPL adalah bagaimana pengelolaan manajemen sekolah.